Minggu, 10 Januari 2016

Review Drama Korea: Oh My Venus


Halo readers!
Kali ini, untuk pertama kalinya, aku mau review drama Korea di blog aku. Setelah melalui banyak pertimbangan, aku akhirnya mutusin buat bikin review dari setiap drama yang abis aku tonton. Ya, itung-itung nambahin post di blog dan nambahin kerjaan aja, sih. Sebenernya, rencana ini udah aku fikirin dari mulai aku buat blog ini, tapi ternyata baru bisa terlaksana sekarang. Semoga kalian suka ya, guys! Aku bikin review ini buat referensi kalian tentang drama apa yang asik di tonton, aku sebisa mungkin review selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya. Kalo ada kritik atau apapun itu, kalian boleh banget comment di bawah, ya. Mumpung masih pertama banget, nih. Biar ke depannya makin semangat bikin reviewnya.
Untuk yang pertama ini, aku mau review sebuah drama Korea yang baru-baru ini selesai masa tayangnya di Korea sana. Yup! Kaya judul yang udah kalian baca, aku mau review drama Korea “Oh My Venus”. Apa kalian udah nonton atau udah pernah denger?

Sebelumnya, aku kenalin secara singkat dulu ya. Jadi drama ini mulai tayang di Korea sejak bulan November dan berakhir beberapa hari kemarin di awal bulan Januari. Drama ini tayang di channel KBS. Pemain utama di drama ini adalah Shin Min Ah yang berperan sebagai Kang Joo Eun dan So Ji Sub yang berperan sebagai Kim Young Ho aka John Kim. Drama ini totalnya Cuma 16 episode. Sayang banget, aku gak rela sebenernya drama ini udahan, soalnya ceritanya asik banget dan suka deh sampai aku nobatin ”Oh My Venus” jadi salah satu drama favorit aku di 2015! Yay! Makanya, aku rate drama ini 8.5/10
Iya, dramanya seru banget bisa bikin aku senyum, ketawa ngakak sampai nangis sesenggukaan. Lebay Tapi serius ih, aku liat juga beberapa orang rate bagus drama ini, pokoknya geregetan banget nonton ini, harus banget nonton.
Drama Korea ini mengisahkan Kang Joo Eun yang diperankan oleh Shin Min Ah. Kang Joo Eun ini terkenal sebagai seorang Daegu’s Venus atau istilahnya mungkin gadis yang populer gitu di Daegu. 
Dia remaja dari Daegu, di awal-awal episode satu nya, aku sedikit bingung sama cara ngomongnya dia, ternyata dia pake aksen Daegu kali ya, soalnya beda gitu dengernya, nggak kaya cara orang Korea di drama biasanya. Di episode pertamanya, dijelasin cerita berawal ketika Kang Joo Eun masih SMA. Kang Joo Eun yang populer dan cantik itu jadi bahan obrolan anak-anak cowok di dalam bus, terus bikin cewek-cewek juga pada gereget gitu. You know lah ya what I mean. Jadi Kang Joo Eun pas masih muda itu tipe idealnya cowok-cowok banget lah sampe banyak di deketin cowok-cowok dan dikasih ini itu, termasuk Im Woo Shik.

Im Woo Shik yang diperankan oleh Jung Gyu Woon, diceritakan sebagai seorang atlet renang, sekaligus sebagai cinta pertamanya Joo Eun. Im Woo Shik ngerasa tertarik sama Kang Joo Eun dan akhirnya Woo Shik nembak Joo Eun dengan nyatain kalau Joo Eun ini cinta pertamanya dia. Mereka pun pacaran sampai lima belas tahun. 
Setelah itu, cerita meloncat ke tahun 2014, dimana Kang Joo Eun udah bukan remaja lagi, sekarang dia udah kerja jadi pengacara sesuai cita-citanya sejak SMA dulu. Kang Joo Eun pengen jadi pengacara supaya dia bisa jadi orang yang dibanggain di keluarganya, soalnya Kang Joo Eun juga nggak berasal dari keluarga berada gitu. Ayahnya meninggal waktu Joo Eun remaja dan karena ayahnya jadi korban ketidak adilan gitu, ini memperkuat cita-cita Joo Eun jadi pengacara.
Tapi ada yang beda, sekarang Kang Joo Eun jadi gemuk banget, sekarang juga dia pake kacamata. Aku kaget banget pas nonton bagian pertama kali dimana Kang Joo Eun jadi gemuk banget, aku malah mikirin itu gimana caranya bisa di bikin kayak gitu, hebat banget. Ternyata, aku baca dari artikel gitu, kalau buat bikin Kang Joo Eun jadi gendut kaya gini perlu banyak duit sampe milyaran rupiah. Wow, amazing! Tapi, worth lah menurutku, banyak yang suka, ceritanya seru, totalitas banget.

Tapi ternyata ada orang baru yang bikin Woo Shik sama Joo Eun akhirnya putus, dia adalah Oh Soo Jin. Dia temen SMA nya Joo Eun, dulu mereka sahabatan. Soo Jin ini dulunya gemuk banget lebih dari Joo Eun yang sekarang. Gara-gara ada salah paham, Soo Jin berubah dan jadilah seperti sekarang, sampai ngerebut Woo Shik dari Joo Eun dan parahnya lagi, Soo Jin jadi deputi presiden di tempat Joo Eun kerja.



Pemeran selanjutnya, Kim Young Ho aka John Kim. Dia orang Korea yang tinggal di Amerika. Young Ho ini sebenernya pewaris dari Gahong Group biasalah ceritanya orang kaya gitu, pewaris perusahaan yang bakal mimpin perusahaan keluarganya. John Kim ini punya dua temen yang udah di anggap adik sama John Kim, namanya Joon Sung sama Ji Woong. Joon Sung itu atlet tinju gitu muridnya John Kim, terus Ji Woong itu managernya Joon Sung. Ji Woong ini cute banget, pecicilan gitu kesannya.
Awal pertemuan Joo Eun sama Young Ho waktu Joo Eun ditugasin buat ke Amerika, urusan kerjaan dan ternyata dia satu pesawat sama Ji Woong sama Joon Sung. Sebenernya, Ji Woong sama Joon Sung harusnya duduk di VIP gitu, tapi gara-gara Joon Sung sama Ji Woong kasian ada ibu hamil gitu, akhirnya Ji Woong milih duduk di tempat biasa dan duduk sebelahan sama Joo Eun. Ji Woong yang talkactive banget sedikit bikin Joo Eun aneh, mereka kayak udah lama kenal padahal baru pertama kali ketemu. Ji Woong juga ngasiin jaketnya buat Joo Eun waktu Joo Eun minta selimut ke pramugari. Ji Woong nggak bisa diem dan pokoknya gemes banget deh.
Terus tiba-tiba ada kejadian di pesawat yang jadi awal pertemuan Joo Eun samaYoung Ho. Young Ho nyelamatin Joo Eun yang saat itu sakit. Semenjak saat itu, mereka jadi sering ketemu, bahkan Joo Eun nganggep kalo Young Ho itu spot teraman buat orang yang lagi dalam bahaya. uh..

Setelah kejadian di pesawat itu, seseorang nganterin paket buat Joo Eun, dan isi paket itu adalah barang-barang Joo Eun yang waktu itu di pesawat, ada jaketnya Ji Woong dan tadaaaa ada ID card atas nama John Kim, Joo Eun kaget dan dia ngira kalau Ji Woong itu John Kim, soalnya waktu di pesawat, Ji Woong bilang kalau dia professional trainer dan manager. Tanpa pake lama, Joo Eun langsung pergi ke alamat yang tertera disana buat nemuin John Kim. Di bayangannya udah kebayang dia bakalan jadi cantik dan langsing kayak dulu terus dia ngebayangin masuk TV di acaranya John Kim dengan penampilan yang udah kayak dulu lagi, dia kegirangan. Begitu pintu dibuka, Joo Eun ngeliat Joon Sung sama Ji Woong. Mereka berdua kaget soalnya Joo Eun udah tau tentang John Kim, Young Ho yang saat itu baru ngeliat ada Joo Eun langsung kaget karena Joo Eun nyebut-nyebut nama John Kim. Young Ho buru-buru nyuruh mereka masuk ke dalem rumahnya dan bohongin Joo Eun, ngasih tau kalau Ji Woong itu John Kim, Joo Eun langsung girang dan meluk-meluk Joo Eun minta diajarin buat diet. Mereka pun setuju.

Joo Eun dilatih sama Ji Woong dengan latihan yang menurut Young Ho nggak pantes. Joo Eun latihan setiap hari sampe dia pucet-pucet banget dan setelah beberapa hari mereka latihan, Joo Eun sakit dan masuk ke rumah sakit. Young Ho nggak tega, karena sebenernya latihan yang Joo Eun lakuin selama ini gak tepat. Young Ho pun ngasih tau Joo Eun yang sebenernya. Joo Eun kaget dan ngambek selama ini dia dibohongin, sebagai gantinya, mulai saat ini Young Ho bakalan ngelatih Joo Eun dan ngebikin Joo Eun sesuai yang dia pengenin. Young Ho beneran serius nanganin Joo Eun, dari mulai check-up keadaan Joo Eun, merhatiin pola makan Joo Eun, tidur, dan semuanya di perhatiin. Dan karena saat itu ada kejadian Joo Eun diteror, Joo Eun jadi pindah rumah ke rumahnya Young Ho, Joon Sung, dan Ji Woong. Mereka mulai jadi deket dan sampai sukses nurunin berat badan Joo Eun.

Spoiler alert!
 
Tapi, dibalik keren dan seksinya Young Ho, dia sebenernya sakit, waktu kecil dia punya penyakit di kaki nya sampai nggak bisa jalan dan diem di kursi roda. Sebenernya, Young Ho udah sembuh, tapi psikis nya masih belum sembuh, setiap dia ngalamin sesuatu yang ngingetin masa lalunya, sakitnya kambuh lagi. Sampai suatu saat, Joo Eun yang nemuin Young Ho waktu sakitnyaYoung Ho kambuh lagi, Joo Eun kaget dan nggak tega, untuk pertama kalinya, dia baru ngeliat sisi lain dari Young Ho, Young Ho yang lemah dan sakit itu bikin Joo Eun nangis, Joo Eun ngajak Young Ho ke rumah sakit, tapi Young Ho nolak dan nepuk lengan Joo Eun dua kali ‘tap tap’ yang artinya Joo Eun harus ngejauh, Joo Eun yang nggak tega pun akhirnya ke luar, ngejauh dari Young Ho, beberapa jam kemudian Young Ho balik lagi dengan keadaan yang lebih baik dari tadi dan Young Ho mulai nyeritain tentang sakitnya dia. 

Young Ho ngalamin kecelakaan waktu mau nyelamatin Joon Sung, Young Ho luka parah sampai dia divonis nggak bisa jalan lagi. Joo Eun nggak tau kalau Young Ho saat ini lagi di rumah sakit, nggak ada yang ngasih tau dia, sampai beberapa hari dia bingung soalnya Young Ho nggak bisa dihubungin dan suatu hari Joo Eun datang ke rumahnya Young Ho dan liat Joon Sung sama Ji Woong baru turun dari mobil. Joo Eun langsung introgasi mereka berdua dan nanya dimana Young Ho, Joo Eun bilang dia bakalan nyari Young Ho ke seluruh Korea, Amerika, bahkan dunia kalau mereka nggak mau ngasih tau. Uh~ ini so sweet banget, Joo Eun ngomong gitu sambil nahan nangis pula. Joo Eun memohon gitu sama mereka. Akhirnya karena nggak tega, mereka ngasih tau yang sebenernya dan mereka pergi ke rumah sakit tempat Young Ho dirawat. Joo Eun nangis tapi dia nggak dibolehin masuk buat nengok Young Ho, Joo Eun maksa. Di dalam kamar, Young Ho tau kalau ada Joo Eun di luar, Young Ho nangis. Ini nih bagian yang bikin aku nangis sesenggukan, sedih banget deh beneran. Tiba-tiba ada line di handphone nya Joo Eun, ternyata dari Young Ho yang isinya ”Tap Tap” artinya dia nyuruh Joo Eun pergi. Joo Eun berdiri terus ngedeketin kamarnya Young Ho, dia kasih semangat buat Young Ho. Pokoknya scene ini sedih banget, deh. Nggak kuat nontonnya.
“Young Ho”
“Mr. Coach”
“It’s me”
“It’s unfair. If you say Tap Tap. What I supposed to do?”
“I know waiting will be hard”
“I also know why you’re doing this”
“But, I’m very stubborn woman”
“I don’t care, when and how you come back”
“I will waiting for you”
“So you have to come back”
“Remember that”
“If you’re hanging there, you haven’t reached your limit”
“If you believe, you can do it”
“It’s okay if you’re sick”
“It’s okay if you’re not as handsome or sexy”
“You have to comeback”
“I’m sorry”
“I didn’t get to say how much I love you sooner”

Joo Eun pun pasrah terus pulang, di bagian ini beneran banjir air mata, sedih banget. Btw, bagian ini mengingatkan aku sama drama Master Sun, yang waktu itu dia masuk rumah sakit buat nyelamatin Tae Gong Sil dan sampai koma dan berjuang naruhin nyawa. Dulu juga aku nangis di bagian ini waktu nonton Master Sun heuheu. Dan waktu Joo Eun bilang gini ternyata neneknya Young Ho ngeliat, dia jadi terharu dan inilah alasan yang bikin dia nyetujuin hubungan Joo Eun sama Young Ho pada akhirnya.
Sejak saat itu mereka nggak pernah ketemu lagi, Young Ho berangsur-angsur sembuh, di hari-harinya di rumah sakit, Young Ho ngerajut syal buat Joo Eun, seperti yang dulu dia lakuin buat ibunya. Young Ho nggak bisa jalan, sampai akhirnya dia pergi ke Amerika buat di terapi biar dia bisa jalan lagi. Young Ho belajar jalan dari nol lagi, disini juga sedih banget, berkali-kali dia jatoh. Young Ho yang kuat dan seorang professional trainer sekarang harus belajar jalan lagi.
Di bulan Desember 2015, Young Ho balik lagi ke Korea, sekarang dia udah bisa jalan lagi. Di sepanjang perjalanan, Young Ho ngeliatin handphone nya. Chat yang masuk dari Joo Eun banyak banget sampai ratusan, Young Ho sedih dan terharu ngeliatnya. Waaah ternyata setaun Joo Eun nggak ketemu sama Young Ho. Waktu Joo Eun pulang kerja, Joo Eun ngeliat Young Ho di depannya, tapi Joo Eun nganggap dia cuma lagi berhalusinasi seperti biasa, ternyata dia nabrak. Yap, nabrak Young Ho, artinya ini Young Ho beneran.  Joo Eun masih berasa dia lagi mimpi, ternyata Mr. Coach nya udah kembali! Young Ho ngasihin syal yang selama ini dia buat ke Joo Eun, dan ternyata di balik syal itu, Young Ho nyelipin cincin yang dia kasiin waktu mereka lagi dating sekaligus nyatain kalo Young Ho ngelamar Joo Eun.

Awalnya, nenek Young Ho nggak setuju sama Joo Eun, ngeliat dari status sosialnya. Apalagi, sebelumnya Young Ho udah pernah dijodohin sama anak dari presdir gitu juga, seperti biasa plot drama Korea, tapi ngeliat niat Joo Eun dan perjuangan Joo Eun, status nggak jadi masalah lagi. Nenek Young Ho minta Joo Eun buat ketemu sama dia, Joo Eun kira neneknya bakalan marah tapi ternyata neneknya setuju, bahkan Joo Eun dikenalin ke ayahnya juga, dan waktu Joo Eun dikenalin ke keluarganya, Joo Eun bikin suasana rumah jadi rame, rumah yang selalu sepi itu tiba-tiba rame dan nenek Young Ho yang gak pernah ketawa tiba-tiba ketawa ngakak gara-gara tingkahnya Joo Eun. Lucu bangeeet.
Ceritanya HAPPY ENDING, kok!





Selesai jugaaa! Gimana reader? Aku khawatir nih apakah aku reviewnya kebanyakan dan jadi bikin bosen gitu bacanya apa gimana? Kasih kritik untuk aku, ya. Hehe. Komentar aku buat drama ini, aku saranin kalian nonton deh, ceritanya seru dan mainin emosi banget. Sebelum nonton ini, aku kan nobatin Master Sun sebagai drama favorit aku, dan sehabis nonton ini aku baru sadar kalau aktingnya So Ji Sub quite amazing dan aku sukaaa deh beneran. Soalnya sehabis nonton drama yang dia mainin pasti selalu ninggalin kesan gitu buat aku pas habis ditonton. Menurut kalian gimana, readers? 

Drama ini nggak bikin boring, recommended deh buat ditonton. Kyaaa selesai sudah aku reviewnya hehe *gulingguling*rebahan* tidur* Gimana review pertama aku? Dan gimana juga menurut kalian drama ini? Thank you udah bacaaa! Salam mwah dari akuuu 

With love.
 

4 comment:

Lia Nurmalasari mengatakan...

Adegan Jo Eun yanhg nangis di depan pintu kamar rawat young ho bikin aku sesenggukan juga. Akting nangis shin min ah daebak :)

Salam kenal ya.. kunjungan balik nih. Tq sudah mampir ke blog starleery ^^

Rhena Indria mengatakan...

Hai, iya tuh keren banget aktingnya! thank you for visiting:)

Anonim mengatakan...

Aku baru aja selesai nonton drama ini hehe telat bgt ya, aku masih bingung sebenarnya kim woo shik mutusin kang joo eun karena apa? Gak suka karena joo eun gemuk atau karena bosen udh pacaran 15 tahun makanya pacaran sm so jin? Aku tadinya berharap si woo shik ini ada penyesalan mendalam bgt gitu karena udh ninggalin joo eun pas dia udh kurus wkwk tp disini woo shik hidupnya terlalu mulus untuk orng yg jahat kaya gt.

Rhena Indria mengatakan...

Iya aku juga agak dibuat bingung sama perannya dia haha. Terlalu bagus buat jadi orang jahat. Anyway, thank you for visiting:)