Minggu, 07 Januari 2018

Review Drama Korea: Because This Is My First Life

Hola!
Udah lama nggak review K-Drama disini gara gara kesibukan yang menggila akhir-akhir ini, but thanks to holiday aku bisa marathon dan review K-Drama lagi. Horeee!
k-Drama yang bakalan aku review sekarang adalah Because This is My First Life yang udah berakhir penayangannya bulan lalu. Maafin ya baru bisa di review sekarang heuheu. So, gimana dramanya? Let’s read aloud!


all pictures: credit to tvN


Because This is My First Life adalah drama korea yang tayang di chanel tvN setiap hari Senin dan Selasa sejak tanggal 9 Oktober 2017 hingga 28 November 2017 dengan 16 episode.

Plot

Drama ini sendiri menceritakan kehidupan Yon Ji Ho (Jung So Min), seorang asisten penulis drama yang hidupnya cukup penuh perjuangan dan derita. Awal konflik drama ini adalah ketika Ji Ho terpaksa harus meninggalkan rumahnya karena adik laki lakinya, Yoon Ji Suk (Noh Jong Hyun) yang sudah menikah dan istrinya sedang hamil, harus tinggal di rumah mereka. Fyi, di keluarganya Ji Ho ini, laki-laki jauh lebih dihargai daripada perempuan. Jadi daripada anak laki lakinya yang keluar rumah, ayah Ji Ho lebih milih Ji Ho yang harus pindah rumah. Dengan gaji seorang asisten penulis, sulit untuk Ji Ho buat dapet tempat tinggal yang layak untuk ditinggali. 


Di sisi lain, Nam Se Hee (Lee Min Ki), seorang desainer di perusahaan aplikasi pencari jodoh hidup dengan kehidupan yang hidupnya lebih tenang, karena di dalam hidupnya, Se Hee ini cuma mikirin dua hal; cicilan rumah dan kucing. Dengan dua prioritas di hidupnya ini, Se Hee pun nyari cara supaya cicilan rumahnya tetap stabil dan kebayar. Akhirnya, dia pun mutusin nyari penyewa baru untuk tinggal bareng di rumahnya setelah penghuni yang lama dia usir karena gak bisa bekerjasama dengan baik selama jadi housemate nya.


Ma Sang Goo, bos sekaligus temennya Se Hee, akhirnya bilang ke Won Kyu, temen dari Ji Ho, kalo ada temennya yang mau nyewain rumah tapi sistemnya tinggal bareng gitu dengan harga yang murah. Ji Ho yang lagi pusing nyari rumah dengan harga murah itu pun langsung nerima tawarannya dan segera pindah ke rumah itu.

Yang lucu ternyata Ji Ho ini nyangkanya Se Hee itu perempuan. Ditambah lagi, Se Hee pun ngira Ji Ho ini laki laki. Sampe beberapa hari, house mate ini nggak ketemu terus karena Se Hee yang emang sibuk di kantornya dan Ji Ho yang kecapean dan lebih sering tidur cepet sampe belum ketemu sama si pemilik rumah.
Sampai di suatu pagi, Se Hee ini kaget karena Ji Ho, perempuan yang udah pernah dia temuin dan ngobrol bareng di hate bus sebelumnya, itu masuk ke rumahnya dan Se Hee ada di rumah yang dia sewa.


Thoughts
Drama ini jadi drama yang mengobati rasa kangen aku sama Jung So Min. It’s been a long time since I watched her acting on K-Drama. Makanya aku excited pengen nonton ini dan ditambah lagi banyak yang bilang drama ini seru.
Drama ini cukup mengesankan buatku karena selain dramanya lucu banyak juga kayak pesan tersembunyi yang cukup menyentuh di drama ini. Gimana perbedaan pandangan akan sesuatu dimaknai dari sudut pandang cewek dan cowok.

Selain itu, aku menikmati nonton drama ini karena bukan cuma cerita Ji Ho dan Se Hee yang menarik buat ditonton, tapi cerita temen temennya Ji Ho; Yang Ho Rang (Kim Ga Eun) dan Wo Soo Ji (Esom) ini juga asik banget buat ditonton.


Complicated nya kehidupan asmara Ho Rang dan Won Seok misalnya yang udah pacaran 7 tahun tapi nggak ada tanda tanda keseriusan sampe ke pernikahan. Sebagai cewek, Ho Rang ini pengen dikasih kepastian, mau lanjut apa engga karena dia juga malu sama temen temen dan juniornya di tempat kerja yang udah pada nikah.  



Di sisi lain, Won Kyu nya ini masih galau buat ngasih keputusan tentang kelanjutan asmara mereka. I can relate to Ho Rang’s feeling in any situation. Ya gitulah sebagai perspektif cewe apalagi kalo misalnya di konteks Indonesia dimana orang yang belum nikah itu di judge macem macem, dan diburu buru buat nikah seolah nikah itu gampang gitu ya. Dan setelah nonton ini, aku nemuin juga gimana galaunya Won Kyu dan sudut pandangnya sebagai cowok. Karena bukannya gak mau, tapi cowok pun banyak pertimbangannya buat nentuin hal se-sakral pernikahan.


Selain ceritanya Ho Rang dan Won Seok ini, aku juga seneng banget nonton kisahnya Soo Ji dan Ma Sang Goo. Woo Soo Ji, seorang pekerja di perusahaan besar yang seringkali dapet verbal and even  sexual harassment dari temen dan atasan kantornya yang kebanyakan cowok, tapi keadaan maksa dia buat tetep stay di tempat kerjanya ini dan mencoba baik baik aja walaupun diperlakuin gitu. Soo Ji ini akhirnya dipertemukan sama Ma Sang Goo, bosnya Se Hee dan Sang Goo dibuat jatuh cinta sekaligus dibuat bingung juga ngehandle an independent woman kayak Soo Ji ini. Dengan keberaniannya, Ma Sang Goo pun nggak nyerah ngadepin Soo Ji dan selalu berusaha buat ngelindungin Soo Ji dari bos bos jahatnya itu.


Di drama ini, aku juga suka gimana cerita persahabatannya Ji Ho, Ho Rang, dan Soo Ji,  walaupun diceritainnya ga banyak konflik diantara mereka, tapi yang aku suka adalah gimana mereka support each other itu adalah salah satu part favorit aku di drama ini.



Well, menurutku drama ini seru dan worth to watch buat kalian yang lagi nyari drama Korea yang asik hehe karena dramanya emang asik, ga cuma bisa dibikin ketawa-ketawa nonton ini, tapi juga dibuat mikir dan ada juga beberapa scene yang bikin aku hampir menangis heuheu. 8.5/10 buat drama ini.

Oke deh, that’s all. Hope you like it. See ya!

2 comment:

Zulaeha mengatakan...

Rekomended ya, Mbak? Aku masih maju mundur cantik pengen nonton K-drama ini... Tapi banyak yang bilang seru ya :D

Rhena Indria mengatakan...

Lumayan rame kok mbak dramanya hehe. Ditonton aja:)