Selasa, 09 Januari 2018

Pengalaman Belanja di Sociolla

Hai!
Mumpung masih dalam new year vibes, aku pengen ngucapin happy new year 2018! Semoga semua resolusi kalian di tahun ini bisa tercapai!
So, anyway, di postingan kali ini, aku bakalan ceritain pengalaman pertama aku berbelanja aku di Sociolla baru baru ini.

So… what is Sociolla?
Menurut webnya, (sociolla.com), Sociolla adalah online shop terlengkap dan terpercaya yang menjual produk kosmetik mulai dari make-up, skincare, haircare, fragrance, dan beauty tools di Indonesia.

Aku yakin beberapa dari kalian mungkin udah tau ya dan udah pernah bahkan sering belanja di Sociolla karena Sociolla ini cukup terkenal di kalangan pecinta per-makeup dan skincare-an.
Aku juga adalah orang yang dari dulu penasaran pengen nyobain belanja di Sociolla karena packaging nya yang keren huehehe! Lucu banget gitu kan dan unik banget but gak pernah kesampean karena aku lebih sering belanja makeup dan skincare lewat Shopee karena harganya yang lebih menggiurkan.


Sampe akhirnya, di suatu siang, temenku bikin snapgram yang isinya ngasih tau ada diskon harbolnas untuk produk Maybelline yang diadain Sociolla hari itu dan karena aku sangat ga kuat ngeliat barang barang diskon, aku pun langsung ngunjungin webnya Sociolla dan OH MY GOD! I was so surprised! Gilaak diskonnya gede gede banget, sampe 50%-an. Karena saat itu aku lagi pengen beli foundation dari Maybelline, akhirnya aku mutusin buat ‘jajan’ di Sociolla.

Unfortunately, Maybelline Fit Me yang Matte dan Poreless yang jadi inceran aku itu udah abis dong! Sedih banget ih dan emang orang orang tuh pada gercep ya kayaknya, beberapa produk favorit dari Maybelline udah pada sold out.  Foundie nya itu tinggal sisa yang Dewy and Smooth. Akhirnya, aku pun mutusin aja buat beli yang Dewy and Smooth. Karena kebetulan bedaknya belum sold out, aku pun sekalian aja beli sama bedaknya yang Dewy and Smooth. Selain itu, karena aku juga lagi pengen beli blush, aku juga beli sama blush nya. Terus karena ada pensil alis Maybelline yang lagi diskon gede juga, akhirnya aku beli aja walaupun ga pernah ngalis hahaha.

Dan ternyata, pas aku liat-liat, bukan cuma Maybelline doang yang lagi diskon, tapi ada beberapa produk yang lagi diskon juga, akhirnya aku beli satu facewash dari Hadalabo karena facewash aku sebelumnya udah abis dan beli satu lipstick dari Wardah buat mama.

Sumpah ya, cewek itu kek gitu HAHAHA. Niatnya beli satu doang dan end up dengan beli segitu banyak. Diskon bikin kalap emang. So yeah akhirnya itulah 6 item yang aku beli. Terus aku kan beli pertama kali yang katanya dapet diskon 50.000 untuk minimal pembelian 200.000, tapi aku bingung kayak gimana caranya, aku kira otomatis gitu, taunya ada kode yang dikirimnya lewat email dong. HALAH. Kesel deh ga jadi dapet diskonnya.

Anyway, waktu itu aku lagi mager banget kemana mana terus juga m-banking aku waktu itu lagi error karena lupa pin, makanya aku milih COD alias Cash on Delievery buat metode pembayarannya. Aku pun dapet email yang mengonfirmasi pesanan aku. Ya udah deh aku tenang aja nungguin paket pertama dari Sociolla yang sangat aku nanti nantikan itu.


Tapiiii, setelah tiga hari, aku liat progress nya stuck disitu situ aja, malah tulisannya kok awaiting payment, padahal kan aku pilih COD. Aku kira lagi error sih ya atau emang lama karena lagi harbolnas, aku diemin aja deh itu dan sampe akhirnya setelah lima hari entah seminggu, aku cek pesananku kok masih ga berubah. I smell something strange dan aku pun dm ke instagramnya Sociolla dong ya dan ternyata dijawabnya begini…



Yaelah kalo emang gak bisa, ya ngapain ditulis disitu dong heuheu atau minimal ada notifikasi kek lewat email atau apapun itu setelah aku order. Aku ngiranya bisa aja dong yak arena ga ada pemberitahuan apapun. Kayaknya kalo aku ga ngehubungin, sampe sebulan juga tetep bakalan gitu. Fix, ini kesel yang pertama belanja disini.

Akhirnya aku pun lanjutin pembayaran pake transfer. Setelah transfer kan emang disuruh konfirmasi pembayaran ya which is sedikit ribet buat aku karena kalo belanja di shopee kan otomatis gitu. Di konfirmasi pembayarannya, aku harus ngisi form yang lumayan banyak gitu dan ada masalah juga waktu ngisi form payment confirmation itu karena nominal harganya gak bisa diganti. Akhirnya dibantu sama CS Sociolla nya.

Setelah dapet email konfirmasi, yaudah aman deh ya tinggal nunggu barang nyampe. Tapi ternyata nggak gitu, sodara sodara. Setelah dapet email yang menyatakan barang aku 6 items itu udah terkonfirmasi pembayaran dan segera dikirim, sorenya pas aku cek udah sampe mana prosesnya, eh ada sesuatu yang aneh. Jadi payment atas order aku sebelumnya di cancel dan ada order baru lagi. Sumpah nggak ngerti ini apaan lagi.



Pas aku buka, ternyata nominalnya berubah! Lebih menyedihkan lagi ternyata ada satu barang yang dikurangin, yaitu foundie nya Maybelline! Sumpah disitu kesel banget, pengen marah heuheu. Udah tau aku beli tuh karena pengen foundie nya, eh sumpah malah diilangin gitu aja dan tanpa konfirmasi ya. Aku pun langsung dm ke CS nya via Instagram tapi gak ada balesan. 

Malemnya, baru ada email yang menyatakan kalo foundie yang aku pesen abis, nanti uangnya bakalan di refund. Gak habis pikir ih masa sih sekelas Sociolla pelayanannya kayak gini. Aku udah bisa check out berarti barangnya ya masih ada dong soalnya kalo emang abis pasti tulisannya sold out. Lah kok bisa sih tiba tiba ilang gini dan parahnya lagi tanpa konfirmasi! Tau gitu ya mending di cancel aja, nggak jadi beli. Kalo alesannya karena telat bayarnya, ya terus salah siapa? Kesel yang kedua.


Aku pun akhirnya nungguin paket Sociolla itu dengan sedikit kesal heuheu. Untungnya cepet sih nyampenya, 2-3 hari udah sampe, jadu sedikit meredam kekesalan aku.


Eh eh eh, ternyata pas dibuka ternyata ada barang yang retak dong, si bedaknya Maybelline itu. Aduh ya ampun. Kekesalan aku naik lagi. Kok bisa sih. Ya walaupun untuk masalah ini sih aku ngerti ya mungkin bukan salahnya Sociolla karena bisa aja rusak pas proses pengiriman dan aku pun ga terlalu masalah sih masalah packaging nya agak rusak gini. Tapi ya tetep aja sebagai pembeli, aku merasa kesal. Apalagi setelah mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan sebelumnya itu. Heuheu.



So yeah itulah pengalaman pertama aku belanja di Sociolla. Untuk pembelian pertama kali di Sociolla, aku nggak puas dan bahkan kecewa sama pelayanannya. Cuma ketolong lah karena emang lagi dapet diskon harbolnas gede gede gitu, tapi kalo gak diskon kayaknya aku lebih prefer beli lewat Shopee atau di online shop Instagram aja deh, kayak lebih jelas gitu.

Mungkin ini kebetulan aja akunya yang lagi gak beruntung hahaha soalnya ya banyak juga sih yang belanja di Sociolla dan emang dapet pelayanan terbaik, tapi ya setelah pengalaman pembelian pertama di Sociolla ini, aku jadi pikir pikir lagi mau belanja disini.


2 comment:

nia _nk mengatakan...

Kak mau nanya.. Caranya konfirmasi pembyrn gimana ya aku udh tf td trus statusnya masih awaiting payment gitu?

Okta Fatmawati mengatakan...

Walah, samaaaa :(