Skip to main content

Tentang Jurusan Kuliah Sastra Inggris

Sejak buat blogpost tentang pengalaman aku ikut SNMPTN, SBMPTN, dan ujian-ujian masuk PTN lainnya dua tahun lalu, beragam pertanyaan pun membanjiri akun social media punyaku. Pertanyaannya beragam, mulai dari yang nanya gimana biar lolos sampe nanya pertanyaan yang sebenernya jawabannya udah ada di website SNM atau SBM nya. Terus banyak juga yang nanya gimana sih kuliah di jurusan yang saat ini aku tempuh. Daripada aku jawab berkali-kali, akhirnya mendingan aku tulis disini deh biar lebih jelas. Oh ya, postingan ini aku tulis sesuai pengalaman aku ya selama hampir dua tahun kuliah di jurusan ini. Oh ya, mungkin juga bakal beda dengan jurusan yang sama di universitas lain. Ini buat petunjuk aja sih biar kamu sedikit tau tentang jurusan ini, apalagi buat yang berminat ngambil jurusan ini nantinya. Semoga bakalan berguna ya buat kamu! Aku bikinnya dalam bentuk poin-poin pertanyaan ya beberapa, supaya menjawab pertanyaan kalian! So, here it is…




Jadi seperti yang udah aku ceritain di postingan ini, Sastra Inggris sebenernya bukan pilihan pertama aku. Tapi Alhamdulillah sih betah ya dan bisa kuat juga ada disini. Huhu. Sesuai namanya, jurusan ini ya belajar bahasa Inggris dong pastinya. Di jurusan ini juga belajar bahasa Inggris dari awal, jadi jangan takut kalau misalnya bahasa Inggris kamu belum lancar banget. Namanya juga belajar, udah pinter mah ngapain kuliah Sastra Inggris, udah aja kerja di Thesaurus.
 
Belajarnya apa? Nggak bosen belajar bahasa Inggris terus tiap hari? Jadi, kalau aku di jurusan ini belajar mulai dari language skills kayak writing, reading, speaking, dan listening terus belajar juga grammar, dan belajar mata kuliah teori-teori bahasa Inggris lainnya. Banyak banget! Jadi buat kamu yang nganggapnya ngebosenin, ya enggak lah! Dikira belajarnya conversation doang kali ya! Hehe.
Aku kasih tau nih beberapa mata kuliah yang aku ambil dari awal masuk sampe sekarang ya biar ada bayangan.

 
Nah gambar di atas merupakan mata kuliah yang aku ambil di semester 1 dan 2. Masih basic lah, tapi tetep pusing sih wkwk. Kalau di semester 1 dan 2, language skills nya itu masih untuk general communication. Jadi kalau writing, aku belajar nulisnya yang udah pernah dipelajarin di SMA kayak bikin recount, descriptive, narrative text gitu, cuma lebih diasah lagi aja biar ga terkesan kaya tulisan anak SMA. Grammar nya juga masih gampang, belajar lagi tentang tenses, dan grammar dasar lainnya. Belum rumit-rumit banget, sih. Buat pelajaran teorinya ada tiga bagian, ada mata kuliah teori pengantar linguistic, literature, dan translating.  

Kalau mata kuliah dasar pengantar sastra itu ada Foundation of Literature dan Exploring Fiction, disini kita belajar tentang jenis-jenis karya sastra dan mempelajari dikit dikit gitu satu persatu. Hehe. Kalau mata kuliah dasar pengantar linguistiknya ada Phonetics and Phonology, disini aku belajar tentang gimana bunyi atau suara dari sebuah bahasa bisa diproduksi, detail banget deh tapi seru hehe.
Terus ada juga Foundation of Translating and Interpreting, kalau ini kita belajar dasar-dasar ilmu translating an interpreting nya. Disini kita baru dikasih dasar-dasar ilmu pengetahuannya, belum praktek translate nya langsung.

Sisanya ada mata kuliah dasar umum. Kalau ini mata kuliah di luar bahasa Inggris yang wajib diambil, beberapa diantaranya ada Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Landasan Pendidikan, Bahasa Indonesia, Olahraga, Pendidikan Sosial Budaya. Kadang, tugas-tugas MKDU ini lebih ngehe sih daripada tugas mata kuliah aslinya hehe.

Kalau gambar di atas adalah mata kuliah di semester tiga yang mana udah lebih serius HAHAHA. Language skills nya udah di tingkat professional context, jadi kemampuan bahasa yang harus dikuasai waktu kita ada di dunia kerja, kayak belajar presentasi bisnis, belajar gimana kalau ada di sebuah meeting, belajar korespondensi surat, dan lain lain yang agak professional. Nggak heran di mata kuliah tertentu, kita disuruh pake kostum kayak pakaian kantor gitu biar kayak beneran. 

Kalau gambar yang diatas ini adalah mata kuliah yang sekarang lagi aku ambil. Language skills nya buat academic purposes, jadi kayak kita belajar jadi lebih ilmiah kayak belajar gimana buat tulisan ilmiah gitulah, terus presentasi buat kuliah, dll. Fyi, semester ini kayaknya dipaksa harus pinter banget wkwk soalnya ya gitu, mana tugasnya bejibun pula. 
Di semester ini juga mulai ada peminatan. Jadi dibagi dua, ada Linguistic & Literature. Kalau aku pilih konsentrasi literature sekarang hehe. Nah, karena aku baru sampe semester 4, jadi untuk masalah gimana pelajarannya cuma sampai sini dulu ya.


Terus kenapa harus masuk Sastra Inggris? Belajar bahasa Inggris doang mah bisa les aja, kali! Selama kuliah, sering banget orang nanya kayak gini huhu. Ya kalau kamu pengen pro bahasa Inggris nya ya harus kuliah lah. Sama aja kayak nanya kenapa ada jurusan fashion design kalau ada kursus jahit yang harganya jauh lebih murah. Terus yang kursus jahit apakah nanti output nya bakal sama kayak yang kuliah fashion design? Walaupun sama-sama bisa bikin baju, ya beda kualitasnya. Begitulah analoginya. Ya gimana tujuannya kamu itu mah, mau serius pengen jadiin ilmu ini sebagai sampingan apa enggak huehehe.

Belajarnya gimana? Pake bahasa Inggris ya? Aku gak ngerti kan kak:( Bahasa pengantarnya dari awal ya memang udah bahasa Inggris kalau di aku, jadi walaupun belajarnya dari awal lagi tapi tetep pake bahasa Inggris hehe. Belajar lagi ya dek! Tapi justru enak, soalnya kita dilatih pake bahasa Inggris terus ngomongnya, walaupun aku juga masih kurang kurang gitu sih. Tapi ya gas aja dululah yang penting beraniin dulu.

Nanti skripsinya pake bahasa Inggris juga? Kalau ini tergantung kampusnya, tapi kalau di aku iya nanti skripsinya pake bahasa Inggris.

Lulusnya nanti kerja jadi apa? Nah ini juga pertanyaan yang sering aku dapetin selama kuliah huhu. Kerjanya ya banyak dek, ga usah khawatir. Belum lulus aja alhamdulillah aku udah dapet kerjaan sampingan, jadi guru, jadi translator, jadi content writer, dll. Insyaallah banyak peluangnya kok kerja jadi apapun juga, yang gak bisanya jadi dokter kali ya:(
 

Nah segitu dulu aja kali ya! Buat kalian yang masih kebingungan, boleh tanya-tanya langsung aja ke aku di comment box ya! Semoga mencerahkan kalian yang masih kebingungan tentang jurusan ini dan kemakan stereotype di masyarakat tentang jurusan ini. Terima kasih udah baca, semoga memotivasi! Bye!

Comments

Rhena Indria said…
Halo! Aku kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia :)
Anonymous said…
Wah kuliah di upi ternyata, salam kenal ka!:) aku baru masuk sem.2 dan pas liat matkul exploring fiction sm phonetics and phonology kyk takut2 gimana gtu:"))
Rhena Indria said…
wah kamu kuliah di upi jugaa? hehe asik kok mata kuliahnya, kebetulan waktu aku sih dapet dosennya yang asik juga, jadi rame hehe

Popular posts from this blog

Pengalaman Pakai Behel

Hola! Di postingan kali ini, aku bakalan ngebahas cerita aku pasang behel, nih! Kalian yang mampir di post ini pasti orang yang berniat atau kepengen pake behel. Iya nggak? Iya kan? Aku tau soalnya aku juga begitu hahaha. Aku nyari nyari post orang orang yang nyeritain pengalamannya pake behel dan jadi seneng baca baca pengalaman mereka, apalagi kalo udah liat progress mereka pake behel. Jadi kepengen! Makanya aku sekarang buat post ini juga semoga bisa berguna buat kalian yang lagi membutuhkan informasi ini hehehe. Oke deh, without further do, langsung aja yeaaah!

7 Alasan Harus Menangin Dajourneys Giveaway!

Hai kalian! Iya, kalian yang lagi baca tulisan ini sambil makan, sambil tiduran, sambil ngemil, sambil bengong, sambil nunggu orang, ataupun sambil merem. Ehehe. Lagi apapun kalian, ayo terusin bacanya. Soalnya, kali ini aku bakalan kasih informasi yang keren banget buat kalian! Apa coba? 

Pengalaman Belanja di Sociolla

Hai! Mumpung masih dalam new year vibes, aku pengen ngucapin happy new year 2018! Semoga semua resolusi kalian di tahun ini bisa tercapai! So, anyway, di postingan kali ini, aku bakalan ceritain pengalaman pertama aku berbelanja aku di Sociolla baru baru ini. So… what is Sociolla? Menurut webnya, (sociolla.com), Sociolla adalah online shop terlengkap dan terpercaya yang menjual produk kosmetik mulai dari make-up, skincare, haircare, fragrance, dan beauty tools di Indonesia. Aku yakin beberapa dari kalian mungkin udah tau ya dan udah pernah bahkan sering belanja di Sociolla karena Sociolla ini cukup terkenal di kalangan pecinta per- makeup dan skincare- an. Aku juga adalah orang yang dari dulu penasaran pengen nyobain belanja di Sociolla karena packaging nya yang keren huehehe! Lucu banget gitu kan dan unik banget but gak pernah kesampean karena aku lebih sering belanja makeup dan skincare lewat Shopee karena harganya yang lebih menggiurkan. Sampe akhirnya