Skip to main content

Pengalaman SNMPTN 2015

Halooo!

Kali ini pengen cerita nih, pengen bagiin sebuah pengalaman berharga di hidup aku. Yap, pengalaman jadi anak kelas XII, pengalaman jadi anak tingkat terakhir di SMA. Masa-masa dimana fisik, hati, dan fikiran dikuras habis-habisan. lebay nggak sih? hahaha tapi ya emang gitulah kenyataannya. Persiapan try out, ujian sekolah, ujian nasional, sampai perjalanan nyari bangku kuliah. Semoga bisa membantu juga adik adik yang lagi ada di masa masa ini, ya!

Karena kalau semua tahapan itu dibikin satu, pasti panjang banget sampe bisa dibikin novel, jadinya aku bakalan ceritain satu-satu gitu, ya! Semuanya berawal di SNMPTN 2015!



Oh ya, pada tau kan SNMPTN itu apa?
SNMPTN itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.


Maksudnya gimana?

Jadi, ini adalah salah satu jalur masuk PTN yang penilaiannya didasarkan pada nilai raport semester 1-5 gitu, juga dinilai dari indeks prestasi sekolah, akreditasi dan semacamnya.

Nilai raport itu jadi nilai raport kita dari semester 1-5. Nilai yang gimana yang dipertimbangkan? yang pasti sih ya nilai yang bagus. Oh ya, aku sih pernah denger-denger kalau nilainya ga boleh turun tiap semesternya, minimal tetaplah, tapi ternyata gak gitu kok. Ga harus naik terus nilainya sih. Terus juga yang menjadi penilaian SNMPTN ini adalah indeks sekolah.


Maksudnya gimana?

Jadi, disini prestasi sekolah juga dilihat, terus kalau misalkan tahun kemarin ada kakak kelas kamu yang kepilih di PTN A, jurusan A tapi ternyata nggak diambil sama dia, otomatis kalau tahun ini kamu mendaftar dengan PTN yang sama dan jurusan yang sama, 90% kemungkinan kamu gagal dalam seleksi ini. Terus kalau misalkan ada kakak kelas kamu yang masuk di PTN B jurusan B, tapi dia itu gak berprestasi, terancam di DO misalnya. Nah yang begitu juga dipertimbangin Kamu ketiban sialnya kakak kelas doang gitu, padahal kamu nggak salah sama sekali. Ngenes kan?

Selanjutnya juga adalah akreditasi sekolah, katanya sih sekolah dengan akreditasi bagus, akreditasi A misalnya, lebih banyak kuotanya dibanding sekolah dengan akreditasi B atau C gitu.

Terus, faktor selanjutnya yang menentukan di seleksi ini juga keberuntungan. Hehehe kenapa gitu, ya karena sebenernya kita ga tau apa aja yang dinilai di seleksi ini.

Aku mau cerita nih pengalaman aku yang jadi satu dari sekian banyak orang gagal di SNMPTN ini. sedih.

Jadi, waktu kelas XII semester 2, udah mulai deh dikasih arahan-arahan sama guru BK buat SNMPTN ini. Aku yang waktu itu ngga ngerti banget gimana sih seleksi ini, mulai jadi kepo dan mulai mikirin jurusan buat kuliah, yang bener-bener aku minatin banget. Kemarin-kemarin sih kalau ditanya kuliah mau jurusan apa, pasti jawabannya yang ngasal aja gitu. Tapi, aku mulai serius nentuin jurusan yang nentuin masa depan. Aku sampe dikasih buku-buku jurusan gitu sama kakak yang ikutan bimbel, akhirnya aku liatin satu-satu jurusan itu dan aku pahamin. Dan, aku pun jatuh hati sama prodi Hubungan Internasional yang baru aku kenal saat itu juga. Istilahnya sih love at the first sight. Ya, bener banget. Aku pun udah klop kalau aku pengan masuk Hubungan Internasional di UNPAD.

Nah, waktu pun berjalan sampai akhirnya pendaftaran buat SNMPTN dibuka, aku pahamin betul-betul jangan sampai ada yang ngga ngerti.

Nah, pas aku liat prodi favorit aku. Hubungan Internasional ternyata peminatnya banyaaaaaaaak banget. pesimis. Ditambah lagi, nggak ada satupun kakak kelas aku yang pernah masuk kesitu. Nilai aku sih lumayan, tapi dengan nilai segitu aku belum yakin, soalnya nilai raport aku belum 9 semua, aku fikir sih, ya pastilah dinilai dari raport dan yang nilainya bagus-bagus. Gimana kalau saingan aku diluar sana nilainya lebih bagus dari aku? Oh ya, dan setelah aku amatin, banyak banget temen seangkatan yang pengen masuk HI juga. 

Fyi, buat SNMPTN ini kamu juga harus liat temen seangkatan kamu, kalau misalkan kamu dan dia pengen masuk Akuntansi UNPAD, tapi nilai kamu ternyata lebih kecil dari dia, lebih baik mundur. Soalnya yang pertama dilihat sih ya saingan satu sekolah dulu. Nah, waktu itu temen seangkatan aku yang IPA dan IPS banyaaak yang pilih prodi ini. Mulai deh ragu.

Akhirnya aku putusin buat konsultasi ke BK dan katanya kecil banget kesempatan nya buat lolos. Bahkan guru BK aku malah nyaranin ambil jurusan lain yang agak 'gampang'. Aku lemes.

Akhirnya aku bilang ke mama, ke saudara-saudara yang lebih ngerti masalah ini, katanya kesempatan nya emang kecil. Remuk udah hati aku.

Terus karena aku disuruh nyari option lain, aku pun turutin. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya pilihan aku jatuh pada prodi Sastra Inggris. Tapi, saat itu aku belum cinta, secinta aku sama Hubungan Internasional. Cuma pilihan kedua 

Hari-hari pun aku jalanin dengan penuh kebingungan. Dihadapkan pada pilihan adalah hal yang sulit, right? Aku kadang mikir, "ah, gue bisalah kali, siapatau emang beruntung aja kan? terus bisa lolos kesitu" tapi kadang juga mikir "jangan buang-buang kesempatan, emang nanti kalau gagal disini, kamu bisa ngadepin SBMPTN?" 

Daaaan, disitu pun beneran mikir, gimana baiknya gitu ya. Percayalah adik-adik, kalau gak kuat-kuat banget, hal ini bisa bikin sebuah konflik batin yang warbyasaah. Apalagi yang punya masalah sama orang tua, I mean, misalnya jurusan keinginan kalian gak sesuai dengan jurusan yang diinginkan orang tua. Aku aja yang dibebasin pilih jurusan apapun sama orang tua, ngalamin kegalauan yang luar biasa gini. Apalagi kalau harus berargumen dengan orang tua, nggak gampang.

Aku masih bingung aja, sedangkan bentar lagi SNMPTN ditutup pendaftarannya. Aku masih inget banget gimana saat itu perasaannya, sampe pengen nangis...

Akhirnya, aku shalat istikharah supaya Allah tunjukin mana yang terbaik.
Setelah mengesampingkan keegoisan aku, dan perasaan penuh ambisi aku, akhirnya aku pilih Sastra Inggris aja.

Alasan aku pilih Sastra Inggris, karena aku minat dan suka sama prodi ini walaupun belum secinta HI. terus juga karena peminatnya lebih dikit, dan karena ga ada saingan satu sekolah yang pilih jurusan ini. Dengan rasa percaya diri, aku yakin sama pilihan aku yang ini. Begini nih urutannya waktu seleksi SNMPTN aku

1. Bahasa & Sastra Inggris - Universitas Pendidikan Indonesia
2. Pendidikan Bahasa Inggris - Universitas Pendidikan Indonesia
3. Sastra Inggris - Universitas Padjajaran

Lha, kemana Hubungan Internasional? love at the first sight-nya akuYa, karena perasaan pesimis aku, karena perasaan kalah sebelum berperang aku, karena ketakutan aku buang kesempatan, dan karena takutnya aku ikutan tes SBMPTN, keinginan itu pun aku kubur dalem-dalem, dengan bayaran keyakinan aku yang bakalan lolos di seleksi ini, Gimana menurut kalian?

Akhirnya, aku pun tinggal nungguin waktu tuh, berhubung pengumuman nya setelah UN, lumayan deh banyak waktu luangnya, waktu nganggurnya nungguin pengumuman itu, lumayan hampir sebulan. Ngapain aja sih aku nunggu pengumuman itu?
Aku malah santai-santai, nonton, baca buku, jalan-jalan dan segudang hal menyenangkan lainnya. Aku nggak nyiapin kemungkinan terburuk kalau aku nggak lolos SNMPTN. Suatu kebodohan aku yang bener-bener aku sesali. Padahal harusnya ya sambil nunggu, sambil belajar dan persiapin buat SBMPTN. Tapi, aku ngga mikir kesitu sedikitpun. Aku yakin bakalan lolos dengan prestasi semeter 1-5 aku. Belagu, sih. Hahaha. Jangan ditiru, please.

Dan, 9 mei pun tiba!

Fyi, dari pagi aku degdegan banget, ga ilang-ilang deg-degan nya. Kalian nanti pasti rasain gimana degdegan nya! Setengah mati!

Dan, web snmptn.ac.id pun telah memperlihatkan rundown-nya di homepage-nya. Aku udah siap isi kuota supercepet buat buka hasilnya sambil ditemenin mama dan adik-adik. Gemeteran banget.

Sambil nunggu jam 5, aku chat sama temen-temen aku, sok nanyain gimana perasaan mereka gitu hahaha. Dan, teng! jam 5 pun dateng juga.

Buru-buru aku masukin nomor peserta dan tanggal lahir yang harus aku isi buat lihat hasilnya, nervous banget. Beberapa detik aku belum liat pengumumannya, kok masih nunjukin halaman yang sama? Aku terus klik lihat hasil tapi tetep sama gitu, dan tanpa sengaja tab aku ke-scroll ke bawah.




DEGGG!

Ternyata, pengumumannya ada di bawah haha bego. Seketika hati aku pun hancur. Ini lebay tapi asli, rasanya sakit banget. Nggak kuat nahan nangis.

Mama pun natap mata aku, mata itu nunjukin rasa kecewa. Dan disitu fikiran aku kembali mengingat perjuangan aku selama ini, dan lalu hasilnya harus kalah? ini nggak salah, kan?

Aku mencoba refresh terus, dan mengulangi step yang sama. Ini bukan mimpi...

"Yaaaah, Kok ngga lolos ya, na?" ucapan mama buru-buru mengalihkan aku dari lamunan aku. Rasanya sakit banget, kecewa berat...

Aku berusaha nahan air mata itu, dan beberapa menit kemudian, temen aku ngechat.
"Gimana lolos ga?"
"Enggak, Kamu gimana?"
"Sama, ngga lolos juga"

Hati aku pun agak tenang, ternyata ngga cuma aku. Jahat ya hahaha. Lalu, aku liat group line kelas aku dan ternyata hampir semuanya ngga lolos. Aku pun bilang ke mama dan katanya "Ya udah, berarti belum rezekinya"

Aku yakin, mama sok kuat bilang gitu, padahal dia sedih juga keliatan banget dari tatap matanya. Akhirnya aku pun ke kamar, nangis disana sekenceng-kencengnya. Kadang aku kalo inget lagi waktu itu, aku mikir wajar ngga sih? 

Sebenernya yang bikin aku sebegitu sedihnya adalah karena keyakinan aku dan ekspektasi aku sama seleksi ini, istilahnya udah terbang jauh, lalu jatuh ke tanah. sakit.banget.

Aku nangis ngga henti-hentinya, pokoknya sedih bangetlah. Semoga kalian yang baca ini ga akan pernah ngalamin kesedihan yang sama kaya aku ya. Tapi, kemudian aku nyadar kalau nangis ngga bikin aku lolos SNMPTN. Dengan sigap, aku pun ambil handphone aku dan browsing segala sesuatu tentang SBMPTN yang ternyata pembukaannya beberapa hari lagi.

Dan, aku baru sadar ngapain harus ngelepas jurusan favorit aku, kalau milih jurusan ini pun sama aja gak lolos. Maksudnya sih, tau bakal ga lolos mending sekalian aja ambil HI, kalaupun ga lolos ga apa-apa, nggak penasaran. Tapi, nyesel udah ngga ada gunanya. Dan, tekad aku pun bulat buat milih Hubungan Internasional di SBMPTN nanti. Bahkan, malam itu juga aku cari universitas swasta mana yang ada jurusan Hubungan Internasional-nya dan cari cari ujian mandiri di PTN. 

Dan aku baru sadar juga, kemana aja aku selama ini? nyiapin plan B, C, D kenapa setelah gagal? kenapa bukan kemarin? Aku pun mengakhiri tangisan aku setelah hampir dua jam lamanya menangis, bahkan waktu aku nangis pun masih ada aja temen yang nelpon nanyain perihal hasil ini. ketauan deh nangis.

Mulai saat itu juga, aku sungguh-sungguh persiapin buat SBMPTN, aku punya waktu sebulan buat belajar serius. Ya, gagal di SNMPTN bukan berarti gak bisa masuk PTN. Masih ada SBMPTN, kok!

Esoknya, aku malah diajak mama main, hangout supaya nggak stress katanya, sekalian aku mampir ke gramedia beli buku SBMPTN buat belajar, karena ngga mungkin aku bisa bimbel, dengan minta uang mama 99 ribu rupiah, aku janji bakal balikin dengan senyuman mama karena aku lolos SBMPTN, nanti.

Hmmmm, gitu deh sakitnya gagal SNMPTN. Sebenernya sih, aku juga bingung apa yang dipertimbangkan untuk lolos dan gak lolos. Itu dari mananya? justru banyak orang merasa nggak adil sama penilaian SNMPTN ini.

Seperti pengalaman aku, rangking 1 pararel di sekolah aku yang artinya orang paling pinter di SMA aku yang nilai semua pelajarannya hampir 9 semua nggak lolos SNMPTN. Kaget banget, dan justru maaf orang yang kelihatannya biasa aja dan iseng-iseng malah lolos. Bukannya gimana sih, cuma bingung dan merasa aneh aja.

Saran aku sih, jangan kaya aku cuma ngandelin SNMPTN doang, mending sih kalau lolos. Coba kalo enggak? Sepinter apapun kamu, nggak usah ngarepin SNMPTN, karena gak cuma kualitas kamu yang jadi penilaian, tapi sekolah kamu. Mendingan fokus aja ke SBMPTN langsung, yang hasilnya bener-bener cerminan dairi kualitas kamu.

Anggap aja SNMPTN ini ajang uji keberuntungan, jangan seratus persen menggantungkan harapan kalian disitu. Inget, masih ada SBMPTN, dan Ujian Mandiri lainnya. Dan, kalian harus bijak bagi waktunya, coba deh belajar buat SBMPTN dari jauh-jauh hari, jangan waktu dinyatain gagal SNMPTN, baru aja belajar. Bagusnya sih, kalau kalian punya kesempatan lebih buat bisa bimbel, ya manfaatin dengan baik, ikutan tuh kelas intensif SBMPTN. Dari pendaftaran SNMPTN ke SBMPTN itu lama banget, intinya jangan buang-buang waktu. Jangan mentang-mentang udah selesai UN ya udah juga belajarnya, inget masih ada SBMPTN buat kalian taklukin yang kesulitan soalnya jauuuuuuh lebih sulit dari soal UN. Oh iya, hati-hati juga dalam pengisian pendaftaran SNMPTN, soalnya bisa aja penyebab kalian gagal itu justru disitu, perhatikan juga PDSS yang diupload sekolah apakah udah sama seperti nilai raport kalian, jangan sampe salah antara PDSS dan raport, karena bakal ribet urusannya.


Anyway, goodluck buat kalian yang bentar lagi mau ngalamin masa-masa ini. Semoga postingan aku ini bisa diambil manfaatnya, ya.


Di postingan selanjutnya, aku bakalan tulis gimana aku jadi satu dari ± 700.000 peserta SBMPTN 2015. Gimana sulitnya ngalahin ratusan ribu pejuang SBMPTN se-Indonesia.


Ah ya, kalau ada yang bingung dan ada yang mau kalian tanyain, feel free to ask, tanya aja aku di komentar ini atau di sini
See you!




Comments

Tamara said…
ikut deg deg-an tiap baca kebawah!
ditunggu postingan selanjutnya ya kak, penasaran nih.
kak doain aku lolos snmptn di fk unpad yaa. aamiin :D hehe
Marfa Umi said…
wkwk sasing, inget aku jg gagal sasing di snmptn, aku juga merah, cek aja :v www.umimarfa.web.id/2015/05/lolos-snmptn.html
Rhena Indria said…
Halo, Tamara!
Postingan nya udah aku lanjutin kok. Pengalaman pas lolos SBMPTN dan ikutan SIMAK UI. Hehehe, baca juga ya!
Wah semangat, jangan lupa belajar buat SBMPTN nya, okay?

Rhena Indria said…
Huah, barisan sakit hati nya SNMPTN. *pukpuk*
Anonymous said…
Jangan kasih info palsu. Di SNMPTN iti ga ada blacklist tapi adanya indeks sekolahnya diturunin
Rhena Indria said…
Gitu ya? Saya taunya dari temen-temen dan guru BK juga :)) Thank you koreksinya.
Unknown said…
Kak aku mau tnya,lebih baiknya itu blajar prsiapan mnghadapi UN dulu apa SBMPTN dulu? makasih kakak!
Rhena Indria said…
Halo!
Kalo menurut aku lebih intensif dulu ke SBMPTN, dek. Soalnya emang lebih susah tingkatannya dibanding UN. Kalo kamu udah jago dan nguasain materi SBMPTN, soal UN serasa cetek banget dek. Hahaha. Semangat ya kamu!
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
OKE mkasih ya Kak Ena.... :)
Unknown said…
Kak, mau tanya lagi nie..... :D
Unknown said…
Kak, saya mau tnya. Jika mndftar PTN yg prodinya baru, apakah mmiliki peluang besar untk ditrima di PTN tsb lwt jlur SNMPTN?
Rhena Indria said…
Wah kalau itu kurang tau ya. Seperti yang aku sebutin diatas, penilaian SNMPTN itu ngebingungin. Kita cuma bisa ngeraba-raba doang. Ya mungkin kalau di dukung dengan nilai kamu yang bagus dan indeks sekolah yang bagus bisa jadi besar peluangnya. Good luck!
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Kak mau nanya kalau semisal dalam satu kelas itu ada 3orang yang ikut SNMPTN dan milih PTNnya sama jurusannya juga sama itu gimana ya ?
Rhena Indria said…
Yang nentuin adalah nilainya, kalau nilai si A B kalah sama nilai si C. Ya otomatis C yang lolos di SNMPTN:)
Vinda Veronica said…
Hai ka, saya baru ketauan masuk snm nih tahun ini. Jurusan yang saya pilih pun sudah mantap di sasing, tapi saya masih bingung mau milih univ yg mana. Karena mama saya keliatan bgt pengen saya masuk ui. Tapi yah saya kurang yakin bisa ga masuk sana dan buat ngisi snm itu cuman dikasih waktu 3 haridoang. Pengen sih di unibraw, tapi wilayahnya jauh dari tempat saya tinggal (jkt) dan mama saya jga blum mengijinkan. Di ub karena banyak alumni saya yg masuk sana.
Rhena Indria said…
Sasing semua aja dek di pilihannya. Tapi kalo menurut aku, cobain pilih sasing ub di pilihan ke satu kalo mau chance keterimanya gede, soalnya ada faktor kakak kelas. Buat masalah orang tua, yakinin aja dek, bilang baik-baik. Semangat

Popular posts from this blog

Pengalaman Pakai Behel

Hola! Di postingan kali ini, aku bakalan ngebahas cerita aku pasang behel, nih! Kalian yang mampir di post ini pasti orang yang berniat atau kepengen pake behel. Iya nggak? Iya kan? Aku tau soalnya aku juga begitu hahaha. Aku nyari nyari post orang orang yang nyeritain pengalamannya pake behel dan jadi seneng baca baca pengalaman mereka, apalagi kalo udah liat progress mereka pake behel. Jadi kepengen! Makanya aku sekarang buat post ini juga semoga bisa berguna buat kalian yang lagi membutuhkan informasi ini hehehe. Oke deh, without further do, langsung aja yeaaah!

7 Alasan Harus Menangin Dajourneys Giveaway!

Hai kalian! Iya, kalian yang lagi baca tulisan ini sambil makan, sambil tiduran, sambil ngemil, sambil bengong, sambil nunggu orang, ataupun sambil merem. Ehehe. Lagi apapun kalian, ayo terusin bacanya. Soalnya, kali ini aku bakalan kasih informasi yang keren banget buat kalian! Apa coba? 

Pengalaman Belanja di Sociolla

Hai! Mumpung masih dalam new year vibes, aku pengen ngucapin happy new year 2018! Semoga semua resolusi kalian di tahun ini bisa tercapai! So, anyway, di postingan kali ini, aku bakalan ceritain pengalaman pertama aku berbelanja aku di Sociolla baru baru ini. So… what is Sociolla? Menurut webnya, (sociolla.com), Sociolla adalah online shop terlengkap dan terpercaya yang menjual produk kosmetik mulai dari make-up, skincare, haircare, fragrance, dan beauty tools di Indonesia. Aku yakin beberapa dari kalian mungkin udah tau ya dan udah pernah bahkan sering belanja di Sociolla karena Sociolla ini cukup terkenal di kalangan pecinta per- makeup dan skincare- an. Aku juga adalah orang yang dari dulu penasaran pengen nyobain belanja di Sociolla karena packaging nya yang keren huehehe! Lucu banget gitu kan dan unik banget but gak pernah kesampean karena aku lebih sering belanja makeup dan skincare lewat Shopee karena harganya yang lebih menggiurkan. Sampe akhirnya