Skip to main content

Thank you, 2019.

Waktu tulisan ini dibuat, tahun 2019 tersisa tinggal beberapa ratus menit lagi. Kalau begitu, ini waktunya aku untuk menuliskan rekap apa yang aku lalui di tahun ini, sedikit recall memori selama setahun terakhir, seperti apa yang biasanya aku lakukan di malam tahun baru setiap tahunnya.

Jadi, ada apa aja nih di 2019?

Aku bisa bilang tahun 2019 ini luar biasa, banget. Luar biasa pake banget. 

Ketika nulis resolusi tahun 2019 kemarin, jujur aku ngerasa bahwa tahun 2019 ini akan terasa menakutkan ketika aku menyadari sebuah realita bahwa aku harus lulus tahun ini. Waktu itu kebayangnya aduh bisa ga ya ngerjain skripsi. Terus juga banyak banget ketakutannya, takut gak bisa lulus tepat waktu, gak bisa ngerjain skripsi, gak bisa nyambil kerja sama skripsi, dan ketakutan ketakutan lainnya. 

Boleh dibilang juga, buat aku, tahun ini tuh tahun penuh target dan perjuangan. Banyak banget daftar yang harus aku centang di tahun ini. Walaupun belum semuanya kecentang, tapi nyatanya, I survived. 

Masih inget banget, di bulan Januari 2019 itu, aku dibuat sibuk sama seminar proposal skripsi, kerjaan, dan urusan permagangan. Alhamdulillah, aku bisa lewatin semuanya. Walaupun ada sedihnya dikit karena gak bisa dapet magang di tempat yang aku pengen banget, tapi ya ternyata seperti biasa, Allah udah siapin tempat lain yang gak kalah baik juga. Bahkan aku bersyukur juga waktu itu magangnya gak jadi di Jakarta karena ya mungkin aja aku gak akan bisa ngejar lulus cepet kalo harus bolak balik magang Jkt - Bdg sambil ngurusin skripsian. Iya, everything happens for a reason. 

Aku dapet tempat magang yang berkesan banget buat aku. I learned a lot from this place. Aku seneng ketemu banyak banget orang orang baru disini. 

Bulan selanjutnya gak kalah hectic karena aku harus mulai magang sambil beresin proposal skripsi yang belum selesai direvisi. Disini aku udah mulai kenal gimana perjuangan semester 8 itu sebenernya. Hahaha. Di hari hari awal magang, aku masih inget waktu itu memberanikan diri dengan segala pertimbangan minta izin buat bisa pulang sejam lebih cepet dari kantor biar keburu ngejar tanda tangan dosen penguji proposal skripsi, udah berjibaku menerjang hujan dan macet pake gojek. Pas sampe kampus, lari lari sampe engap, kaki pegel, serasa gak napak, hampir mau jatoh. Setibanya di kantor dosen penguji, dikasitau rekan kerjanya kalau beliau baru aja pulang beberapa menit lalu. Ambyaaaaar. Hidup emang sebercanda itu. Itu baru secuil perjuangan dalam bab berjudul skripsi di tahun 2019 ini. Tentang skripsi ini bakalan panjang banget kalau semua perjuangannya dibahas disini hahaha. Jadi, aku mau bahas beberapa poin pentingnya aja. Intinya, walaupun tempat magangku cukup strict dan gak memungkinkan untuk double job skripsi dan magang, tapi alhamdulillah Allah kasih aku kemudahan lainnya dengan menunjuk dosen pembimbing skripsiku yang luar biasa baiknya. 

Keajaiban selanjutnya terjadi di sekitar bulan April waktu tempat kerjaku nawarin aku sebuah project atau kerja tambahan dari kerjaan aku yang biasanya. It is something to be grateful for since they offered me a quite huge amount of money for this project. Di satu sisi seneng banget karena bisa nambahin tabungan hahaha, tapi di sisi lain, ya aku harus tau konsekuensinya karena kesibukanku bakalan nambah. Di masa ini juga, aku ngalamin fase yang bisa dibilang membuat aku stress berat! Aku harus kerja magang hampir tiap hari dari 8 - 4, nyampe rumah udah maghrib, lanjut ngerjain kerjaan aku sampe malem. Itu berlangsung tiap hari. Cape, banget! Pengen ngeluh, nangis, apalagi waktu inget skripsi yang terbengkalai dan ketika tau temen temen udah pada jauh ngerjain skripsinya dan bimbingan berkali kali, pressurenya ekstra. 

Sampai pada akhirnya, aku sadar, I couldn't be this greedy. Aku gak bisa jalanin semuanya di satu waktu, ada yang harus aku relain, harus ada pilihan. Berhenti dulu dari kerja atau perpanjang semester kuliahku? Berat banget emang milihnya, tapi akhirnya setelah sulit banget mutusin, aku pilih untuk break dulu dari tempat kerjaku. Alhamdulillah lagi mereka ngerti dan memperbolehkan aku buat gabung lagi setelah aku beres dengan segala tugasku ini. Aku minta dua bulan untuk break. 

Saat itu, aku bener bener serius sama apa yang udah aku pilih, skripsi tuh udah kaya 24/7 nya aku banget. Bangun pagi buta kerjain skripsi sampe malem pol. Rutinitas banget tuh tiap hari. Dalam sebulan itu, aku bisa bilang progress aku maju banget. Konsistensi inipun akhirnya bisa bikin aku lebih cepet balik ke tempat kerja, jadinya aku cuma break sebulan doang. 

Intinya, skripsi ini ngajarin aku banyak banget pelajaran hidup. Lebih banyak dari skripsinya sendiri. Long story short, skripsiku beres dan akhirnya bisa sidang dan wisuda. Momen ini berharga banget buat aku karena disini aku bisa buktiin perjuangan orang tuaku yang gak pernah mudah selama ini buat sekolahin aku akhirnya terbayar. Aku tau momen wisuda ini langka banget buat keluargaku. Ini pertama kalinya buat mereka. Jadi, waktu itu aku biarin diriku berkorban lebih sebagai tanda terima kasih juga buat mereka; bikinin baju kembaran, fasilitasin kendaraan, foto studio, dan lain lainnya biar kayak keluarga orang orang. Hahaha. Karena momen ini bukan cuma buat aku, bukan cuma aku dengan selesainya skripsi dan studiku. Ini juga pencapaiannya mereka; mereka yang udah relain banyak hal demi bikin aku jadi kayak gini. Jadi, mereka juga layak banget ngerasain bahagianya. I have made another post about my graduation here, anyway. Intinya, gelar baruku adalah pencapaian terbesar aku di tahun 2019 ini. 

Talking about achievement, there is another thing; a great achievement that I could achieve this year. I am so grateful because finally I can convert my saving all this time into a meaningful one. I bought land from my own salary, not that much, but I wish that I could turn this land into a small, warm, and beautiful house in the future. It has been my dream since I was in elementary school. Yok tinggal kerja bagai kuda lagi buat bikin rumahnya. :))

I talked a lot about achievement. How about myself?

Aku juga bangga sama diriku di tahun ini karena banyak hal yang berhasil aku ubah dari diriku di tahun ini. Salah satu yang paling terasa adalah aku mulai belajar untuk jadi lebih terbuka. Masih belajar loh ya. 

Entah dapet keberanian darimana sih ini, cuma perlahan, aku jadi seneng cerita tentang apa yang aku rasain sama orang orang terdekatku, bahkan se-cheesy nyeritain "Ih si itu crush aku tau!". Walaupun belum sepenuhnya berani, tapi itu hal yang patut diapresiasi banget dari seorang aku yang dulunya tertutup banget masalah apapun. 

Pelan pelan, aku belajar untuk runtuhin tembok tinggi yang kokoh banget nutupin orang orang untuk bisa liat aku. Sekarang, aku mulai pengen bilang ke mereka, "Ini loh aku!", walaupun kayaknya baru sedikit banget yang bisa keliatan sama mereka. 

Gak heran ya banyak orang yang seneng curhat sama temen temennya sampe berjam jam. 
Gak heran juga psikolog dibayar mahal mahal buat dengerin cerita pasiennya. 
Iya, aku baru nyadar, bahwa cerita ke orang itu efeknya bisa selega dan seenak ini. 
Kenapa harus dipendem sih rhen?
Kenapa dari dulu ga pernah nyoba percaya dan berani buat cerita ke orang?

Puncak dari kelegaan ini pernah aku rasain ketika suatu malem aku curhat ke adek. Iya, pertama kalinya di tahun ini, adek cerita ke aku tentang sesuatu yang jadi dilema masa remajanya. Kita bangun sampe tengah malem bukan untuk nonton drakor bareng atau nonton film bareng, tapi ngobrol, tumben banget. Cerita adek itu juga bikin aku terpancing buat ikutan cerita juga dan ngeluarin semua unek unek lalu berakhir dengan nangis sesenggukan. Setelahnya lega banget dan kita janji dari detik itu juga buat selalu ceritain masalah apapun ke satu sama lain. 

Di tahun ini, selain curhat sama adek untuk pertama kalinya, banyak hal seru juga yang aku lakuin untuk pertama kalinya kayak nonton festival festival musik sampe tengah malem, staycation di hotel bintang bintang, traktir keluarga dan keponakan liburan, nekat nyamperin pacar sejuta umat ke backstage artis, dan hal seru lainnya. 

Penutupnya, di penghujung taun 2019 ini, alhamdulillah aku dinyatakan lolos tahap pertama buat seleksi CPNS yang sebenernya gak aku harepin banget karena aku pesimis dan nyaliku keburu ciut duluan. 

Sayangnya, ada beberapa hal yang juga harus pergi di 2019 ini. Di hari Sabtu pagi, pertengahan tahun ini, nenek ngabarin kalau kakekku meninggal. It was a very shocking news for us. Aki emang sakit, tapi kita ga pernah nyangka bakalan secepat ini aki berpulang. Sedih banget karena aki gak bisa liat aku wisuda, padahal itu salah satu yang jadi harapannya.

Yang harus hilang seiring dengan berakhirnya 2019 ini juga adalah salah satu rutinitasku. Sadly, but I need to say that I am no longer part of the company who has been so kind to me since more than two years ago. Few days ago, I have ended my contract with the company, so I would be officially jobless by the end of this year. :')

Akhirnya tahun penuh perjuangan dan ambisi ini selesai dengan bahagia juga ya, alhamdulillah. Nah, sekarang gimana nih 2020?

Jujur, ada sedikit ketakutan buat memulai 2020 ini. Tahun ini adalah tahunnya aku mau rajut banyak banget mimpi besar aku, banyak hal yang pengen aku lakuin mulai dari nyoba pengen kerja di luar zona nyaman aku, daftar beasiswa buat S2, coba buka bisnis, dan masih banyak lagi. Yakin banget, hari hari kedepannya gak bakal mudah. Tapi kan, harus tetep nyoba dan berusaha, supaya tau sesusah apa. 

Aku juga pengen bisa checklist beberapa harapan yang belum berhasil dicapai di tahun tahun sebelumnya. 

Semoga Allah menunjukan ke jalan mana aku harus melangkah dan memudahkan segalanya. Aaamin. 

Semoga Allah juga masih kasih kesempatan aku untuk bareng bareng sama orang yang aku sayangin di tahun ini. Semoga mama, bapa, aku, dan adek adek semuanya dikasih kesehatan dan dijauhin dari segala bahaya.

Untuk diriku sendiri, aku berharap sih semoga aku juga bisa berubah ke arah yang lebih baik lagi di tahun ini. Aku pengen belajar buat mengenal dan menerima diri aku sendiri supaya aku gak terlalu terjebak ngikutin kata orang. Aku pengen bisa jujur sama diri aku sendiri, aku pengen bahagiain diri aku sendiri tanpa perlu pertimbangin pendapat orang, selama itu gak akan rugiin mereka. Aku juga gak mau ngabisin waktu buat sesuatu yang gak terlalu penting buat aku. Selain itu, aku juga pengen bisa tegas; yakin dan menerima konsekuensi dari pilihan aku tanpa harus nyesalin yang udah dipilih. Semoga dibukakan juga hati aku, semakin mantap, dan ga sering sering labil juga ya. :')

Semoga 2020 jadi tahun yang menyenangkan, ya!

Well, finally, hello 2020. 

Bandung, 01 Januari 2020
00.45. 

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pakai Behel

Hola! Di postingan kali ini, aku bakalan ngebahas cerita aku pasang behel, nih! Kalian yang mampir di post ini pasti orang yang berniat atau kepengen pake behel. Iya nggak? Iya kan? Aku tau soalnya aku juga begitu hahaha. Aku nyari nyari post orang orang yang nyeritain pengalamannya pake behel dan jadi seneng baca baca pengalaman mereka, apalagi kalo udah liat progress mereka pake behel. Jadi kepengen! Makanya aku sekarang buat post ini juga semoga bisa berguna buat kalian yang lagi membutuhkan informasi ini hehehe. Oke deh, without further do, langsung aja yeaaah!

7 Alasan Harus Menangin Dajourneys Giveaway!

Hai kalian! Iya, kalian yang lagi baca tulisan ini sambil makan, sambil tiduran, sambil ngemil, sambil bengong, sambil nunggu orang, ataupun sambil merem. Ehehe. Lagi apapun kalian, ayo terusin bacanya. Soalnya, kali ini aku bakalan kasih informasi yang keren banget buat kalian! Apa coba? 

Pengalaman Belanja di Sociolla

Hai! Mumpung masih dalam new year vibes, aku pengen ngucapin happy new year 2018! Semoga semua resolusi kalian di tahun ini bisa tercapai! So, anyway, di postingan kali ini, aku bakalan ceritain pengalaman pertama aku berbelanja aku di Sociolla baru baru ini. So… what is Sociolla? Menurut webnya, (sociolla.com), Sociolla adalah online shop terlengkap dan terpercaya yang menjual produk kosmetik mulai dari make-up, skincare, haircare, fragrance, dan beauty tools di Indonesia. Aku yakin beberapa dari kalian mungkin udah tau ya dan udah pernah bahkan sering belanja di Sociolla karena Sociolla ini cukup terkenal di kalangan pecinta per- makeup dan skincare- an. Aku juga adalah orang yang dari dulu penasaran pengen nyobain belanja di Sociolla karena packaging nya yang keren huehehe! Lucu banget gitu kan dan unik banget but gak pernah kesampean karena aku lebih sering belanja makeup dan skincare lewat Shopee karena harganya yang lebih menggiurkan. Sampe akhirnya